Peserta BPJS Kesehatan Bisa Cicil Tunggakan di Agen46 BNI

Berita 05/03/2018

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dalam kerja sama ini, BNI bertugas menjadi bank penampung dana pembayaran program Cicilan Tunggakan Iuran bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) di program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Program tersebut merupakan langkah BPJS Kesehatan dalam memperbaiki tingkat kolektabilitas iuran terutama pada peserta di segmen PBPU. Demi kesuksesan program tersebut, BNI memberikan dukungan dengan menyediakan layanan pembayaran cicilan tunggakan iuran melalui Agen46 dan Kader JKN yang sudah tersinergi dengan Agen46 di seluruh Indonesia.

Agen46 memungkinkan untuk menjadi tempat pembayaran Cicilan Tunggakan Iuran Bagi PBPU program JKN-KIS. Agen46 merupakan kepanjangan tangan BNI dalam memberikan layanan perbankan kepada masyarakat yang memiliki akses terbatas ke outlet-outlet BNI.

Penandatanganan kerja sama BNI dan BPJS Kesehatan oleh Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati dengan Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso, disaksikan Direktur

Kerja sama BNI dan BPJS Kesehatan ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati dengan Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso, Rabu (28/3/2018) di Jakarta. Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI Dadang Setiabudi, turut hadir menyaksikan acara tersebut.

Adi Sulistyowati menuturkan, dari total jumlah peserta JKN-KIS yang mencapai lebih dari 190 juta jiwa, sekitar 26 juta jiwa di antaranya merupakan segmen PBPU. Para peserta di segmen tersebut memiliki tingkat kolektabilitas terendah yaitu 55,59 persen. BNI mendukung upaya BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kembali kolektibilitas iuran bagi peserta PBPU program JKN-KIS melalui jaringan Agen46 dan Kader JKN tersebut.

Tidak hanya demi memperbaiki tingkat kolektabilitas, program tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan awareness para peserta program JKN-KIS dalam melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan, khususnya melalui BNI. Sebagai lembaga keuangan, BNI turut mendukung Program Inklusi Keuangan dengan memberikan layanan keuangan kepada masyarakat melalui Agen46 atau Agen Laku Pandai BNI.