Susah BAB? Ini 5 Makanan Pencahar Alami

Berita 19/09/2018
Susah BAB? Ini 5 Makanan Pencahar Alami (Pinkyone/Shutterstock)

Mencari obat pencahar biasanya dilakukan oleh orang yang mengalami susah buang air besar. Kondisi sulit BAB jelas membuat sakit perut dan ketidaknyamanan lain, karena feses tak kunjung bisa dikeluarkan. Namun sebenarnya, penggunaan obat pencahar baru diperbolehkan jika ada indikasi tertentu. Sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan pencahar alami yang ada di sekitar Anda.

Sulit buang air besar, atau yang biasa disebut dengan konstipasi, adalah kondisi saat feses menjadi lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan sehingga frekuensi buang air besar lebih jarang dari biasanya.

“Konstipasi terjadi karena kecepatan makanan melewati kolon terlalu lambat, sehingga kolon memiliki waktu yang lebih banyak untuk menyerap air yang terkandung dalam sisa-sisa makanan. Hal ini kemudian menyebabkan feses menjadi keras dan kering,” kata dr. Melyarna Putri dari KlikDokter.

Lebih lanjut, dr. Melyarna menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang dapat menyebabkan susah buang air besar, seperti:

  • Kurang minum untuk waktu yang lama
  • Kurang olahraga
  • Kurang asupan makanan berserat
  • Konsumsi kafein, teh, atau alkohol yang berlebihan
  • Kebiasaan menunda buang air besar
  • Kelainan hormonal, saat menstruasi dan saat hamil
  • Memiliki penyakit yang menimbulkan gangguan pada persarafan dinding kolon, seperti diabetes, skleroderma, dan kanker kolon.
  • Memiliki kelainan pada sistem persarafan tubuh, seperti pada penderita Parkinson, sklerosis ganda, dan kelainan tulang belakang.
  • Memiliki luka pada kulit anus.
  • Memiliki kelainan psikologis akibat kecemasan yang berlebihan, dan sebagainya.

Jika sudah terjadi konstipasi, tak sedikit orang yang kemudian mencari obat pencahar. Padahal obat pencahar tidak dapat digunakan sembarangan.

“Obat pencahar hanya diberikan bila ada indikasi tertentu,” ujar dr. Melyarna.

Misalnya pasien tidak bisa BAB dalam waktu 3-7 hari, pada pasien yang akan melakukan pemeriksaan radiologi untuk perut atau pemeriksaan kolonoskopi, dan pada kondisi dimana pasien tidak boleh mengejan, contoh pasien jantung.

 

Manfaatkan pencahar alami untuk atasi susah BAB

Karena itu, daripada minum obat pencahar, lebih baik mengonsumsi makanan sehat yang juga dapat berfungsi sebagai pencahar alami. Berikut adalah jenis-jenis makanannya: 

  1. Semangka

Semangka efektif untuk menjaga Anda buang air besar secara teratur karena kandungan seratnya yang sangat tinggi. Buah ini juga menyimpan air yang banyak di dalamnya, sehingga dapat membuat organ pencernaan terus bergerak.

  1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh, seperti quinoa, beras merah, gandum utuh, oatmeal, dan barley,mengandung serat tinggi yang membantu melunakkan feses. Ini menjadikannya baik untuk menormalkan gerakan usus hingga mencegah wasir.

  1. Buah beri

Buah beri, seperti blueberry dan stroberi, mengandung komponen kesehatan usus yang sangat penting yang bernama pektin. Serat larut tersebut dapat membuat makanan yang dimasak menjadi lebih lembut dan mudah dicerna tubuh.

  1. Sayuran hijau gelap

Sayuran hijau gelap mengandung magnesium, mineral yang membantu melunakkan feses dan membuatnya lebih mudah untuk dilewatkan. Kale, misalnya, lebih dari sekadar tren makanan karena ia juga dianggap sebagai salah satu pencahar alami terbaik.

  1. Yoghurt

Yoghurt dan kefir mengandung probiotik yang membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus.. Probiotik adalah mikroorganisme kecil yang memecah serat. Ketika Anda memiliki lebih banyak bakteri baik, hal itu akan membantu pembuangan lebih lancar dan cepat.

Lancarkan buang air besar Anda dengan lima makanan pencahar alami di atas! Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi kismis, apel, brokoli, dan makanan sehat lainnya yang memiliki kandungan serupa. Tak kalah penting, terapkanlah pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari Anda untuk mencegah konstipasi berulang.

[RS/ RVS]

(Sumber : www.klikdokter.com)